New Maju Indonesia Ku

Sunday, April 14, 2013

Menhan Masih Mempertimbangkan Hibah F-5 Dari Korsel

Jakarta – Kementerian Pertahanan masih mempertimbangkan menerima hibah pesawat tempur jenis F-5 Tiger dari Korea Selatan untuk memperkuat jajaran alat utama sistem persenjataan TNI Angkatan Udara.

“Selain F-5, ada tawaran hibah pesawat angkut dari negara lain,” ujar Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro di Persada Purnawira, Halim Perdanakusuma, Jakarta, kemarin.

Pemerintah dan TNI AU, kata Purnomo, masih menimbang-nimbang dua faktor, yakni memilih hibah untuk mendapatkan alutsista dalam jumlah besar atau membeli alutsista yang baru. “Menerima hibah tentunya akan lebih banyak alutsista yang bisa didapatkan ketimbang beli baru. Ini diperlukan untuk mengcover wilayah kita yang sangat luas,” kata bekas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu.

Namun, jika lebih memprioritaskan pertimbangan kuantitas pun masih haru dilihat faktor usia alutsista yang akan dihibahkan tersebut. “Apakah lifetime-nya masih panjang, sehingga biaya perawatan tidak akan lebih banyak ketimbang membeli baru,” tuturnya.

Purmono juga mengungkapkan, Indonesia tetap bekerja sama dengan Korea Selatan dalam mempersiapkan rancang bangun dan memproduksi pesawat jet tempur generasi 4-4,5. Dia pun membantah juga dikatakan Korea Selatan menghentikan proyek tersebut.

“Tidak dihentikan, tapi ditunda. Mereka sedang persiapan pesawat yang lebih canggih, dan saya nyatakan kita tetap ikut. Karena kita punya saham di situ,” ucapnya.(Harian Detik/WDN/MIK)

Berita Terkait:

0 comments:

Post a Comment